web widgets

Jumat, 10 Januari 2014

SSP



SUBJEK, SPESIFIK, DAN PEDAGOGIK
(SSP)
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PKn SD
Dosen Pengampu: Ari Wibowo, M.Pd.

PGRI UNIVERSITY



Disusun Oleh :

Kurniasari Dwi Nurratri          (12144600166)
A5-12



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2013




SUBJEK, SPESIFIK, DAN PEDAGOGIK (SSP)
Mata Pelajaran                        : PKn
Kelas/Semester                        : III/I
Waktu                                     : 2x35 menit

A.    Standar Kompetensi
            2.  Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
B.     Kompetensi Dasar
            2. 1 Menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
C.    Indikator
1.      Kognitif
a.       Siswa dapat memahami pengertian aturan atau norma.
b.      Siswa dapat memahami bentuk-bentuk peraturan di masyarakat baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis.
c.       Siswa dapat memahami pentingnya peraturan bagi masyarakat.
d.      Siswa mampu memberikan contoh peraturan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.
2.      Afeksi (Karakter)
a.         Siswa dapat memiliki sikap tanggung jawab
b.        Siswa dapat memiliki sikap toleransi
3.      Psikomotor
a.         Siswa dapat mematuhi peraturan disekolah
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.       Melalui kegiatan mencermati dan membaca, siswa dapat memahami tentang pengertian aturan atau norma.
b.      Melalui kegiatan mengamati contoh gambar bentuk-bentuk peraturan di masyarakat, siswa dapat memahami contoh aturan tertulis dan aturan tidak tertulis.
c.       Melalui kegiatan mendiskusikan, mencermati, dan membaca, siswa dapat memahami pentingnya aturan atau norma.
d.      Melalui kegiatan mendiskusikan, mencermati, dan membaca, siswa dapat memahami peraturan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
2.      Afeksi
a.       Melalui kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat memiliki sikap tanggung jawab.
b.      Melalui kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat memiliki sikap toleransi.
3.      Psikomotor
a.       Melalui kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat mematuhi peraturan di sekolah.
E.     Instrument
Instrument
No. Soal
1.      Pengertian aturan atau norma.
1
2.      Bentuk-bentuk peraturan di masyarakat baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis.
3, 9
3.      Pentingnya peraturan bagi masyarakat.
2, 5, 8, 10
4.      Contoh peraturan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.
4, 6, 7
F.     Materi Ajar
1.      Bentuk peraturan tertulis.
2.      Bentuk peraturan tidak tertulis.
3.      Pentingnya peraturan bagi masyarakat.
4.      Peraturan di lingkungan keluarga.
5.      Peraturan di lingkungan sekolah.
6.      Peraturan di lingkungan masyarakat.
G.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab, bermain peran, pemberian tugas.
H.    Sumber Belajar
Buku cetak dan LKS
I.       Media Pembelajaran
Gambar
J.      Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Awal


Apersepsi:
1.      Mengisi daftar kelas, berdo’a bersama, menyiapkan materi ajar.
2.      Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat tentang aturan yang berlaku di masyarakat.
5 menit
2.
Kegiatan Inti


Eksplorasi:
1.      Guru menunjukkan beberapa contoh gambar tentang bentuk-bentuk peraturan baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis.
2.      Guru memilih 6 siswa untuk bermain peran (ada yang menjadi peran keluarga seperti Bapak, Ibu, Anak. Ada juga yang menjadi Pak.RT, warga sekitar, dan seorang tamu).
3.      Siswa melakukan peran sesuai dengan petunjuk guru.
4.      Setelah mempraktekkan bermain peran, guru dan siswa mendeskripsikan tentang kesimpulan dari adegan tersebut.
Elaborasi:
1.      Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk peraturan.
2.      Guru membagi 6 kelompok berisi 5 orang.
3.      Siswa secara berkelompok mendiskusikan pentingnya peraturan dan contoh peraturan baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat menggunakan LKS.
4.      Perwakilan dari hasil kerja kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Konfirmasi:
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi peraturan di masyarakat.
60 menit
3.
Kegiatan Akhir


Penutup:
1.      Guru memberikan penilaian.
2.      Guru membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran.
3.      Guru memberikan tugas membaca materi yang akan dibahas minggu depan.
5 menit


70 menit
K.    Penilaian
Bentuk:
a.         Kognitif: Tes tertulis
b.         Afeksi: Angket
c.         Psikomotor: Rublik
Alat Penilaian:
a.         Soal tes tertulis                                         (terlampir)
b.         Lembar Penilaian Afeksi                          (terlampir)
c.         Lembar Penilaian Psikomotor                  (terlampir)



Soal tes tertulis

Ulangan Harian
Berilah tanda silang (x) apa huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat!
1.      Agar kehidupan masyarakat menjadi tenang, perlu adanya ….
a.       Pengumuman
b.      Poskamling
c.       Aturan/norma
2.      Pembuat aturan di masyarakat adalah ….
a.       Semua penduduk
b.      Tokoh bersama masyarakat
c.       Kepala rumah tangga
3.      Dibawah ini yang bukan termasuk norma formal adalah ….
a.       Undang-undang
b.      Peraturan lalu lintas
c.       Adat istiadat
4.      Contoh kebiasaan yang baik dilakukan oleh siswa adalah ….
a.       Bermain setiap waktu.
b.      Belajar setiap hari
c.       Menangis setiap pagi
5.      Aturan sekolah wajib ditaati oleh ….
a.       Hanya siswa kelas 1-6
b.      Hanya guru dan kepala sekolah
c.       Semua warga sekolah
6.      Salah satu aturan tertulis di sekolah, yaitu ….
a.       Setiap datang paling lambat 15 menit sebelum pelajaran
b.      Setiap siswa memberi salam jika bertemu guru
c.       Jika ada teman yang sakit, kita harus menjenguknya
7.      Setiap anak harus mengikuti upacara dengan tertib.
Peraturan tersebut merupakan salah satu isi dari aturan di ….
a.       Keluarga
b.      Sekolah
c.       Masyarakat
8.      Aturan bersifat ….
a.       Membantu
b.      Mengikat
c.       Tidak dapat dihindari
9.      Salah satu aturan tidak tertulis di lingkungan sekolah adalah ….
a.       Membantu teman yang mendapat musibah
b.      Mengikuti upacara bendera
c.       Menggunakan seragam sekolah
10.  Orang yang melanggar aturan akan dikenai ….
a.       Pujian
b.      Hadiah
c.       Sanksi


Lembar Penilaian Afeksi


KISI-KISI ANGKET KARAKER SISWA
No
Dimensi
Indikator
 1
tanggung jawab
Menjalankan ketertiban di masyarakat


Mengerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.


Menyelesaikan PR tepat waktu.


Mematuhi tata tertib di sekolah


Minta maaf dan menerima hukuman bila bersalah.


Berperilaku disiplin.
 2
toleransi
Memberikan maaf jika orang lain melakukan kesalahan.


Menghargai kebiasaan yang dilakukan orang lain, meskipun kita tidak menyukai kebiasaan tersebut.


Menghargai aturan adat istiadat tempat tinggal kita.


Toleransi dalam agama, pendapat, etika.



LEMBAR ANGKET AFEKSI

PETUNJUK SOAL:
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini dengan cara member centang ( √) pada kolom yang sesuai!
NO
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1
Saya berusaha mempertahankan pendapat, walaupun bertentangan dengan pendapat teman-teman yang lain.




2
Saya enggan menyampaikan pendapat yang saya miliki karena takut dikritik.




3
Saya memacu diri untuk terus semangat dalam belajar.




4
Saya membuat catatan-catatan kecil (poin-poin) pelajaran PKn untuk mempermudah dalam belajar.




5
Saya merasa materi PKn tidak menarik untuk dipelajari.




6
Saya lebih suka menyalin tugas teman dari pada harus mencari jawaban sendiri.




7
Saya memanfaatkan internet untuk mencari jawaban dari tugas-tugas yang diberikan guru.




8
Saya malu bertanya kepada teman ketika saya mengalami kesulitan mengerjakan tugas.




9
Saya tidak membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.




10
Saya senantiasa menjaga dan memelihara fasilitas sekolah.




11
Saya melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.




12
Saya mengerjakan tugas PKn dengan teliti dan cermat.




13
Saya menyelesaikan tugas dengan asal-asalan.




14
Saya mengumpulkan tugas/ PR PKn yang diberikan oleh guru sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.




15
Saya segera mengembalikan barang yang dipinjam setelah menggunakannya.




16
Saya menjaga dan merawat dengan baik barang yang saya pinjam.




17
Saya tidak akan mengembalikan barang yang saya pinjam sebelum ditagih.




18
Saya menolak menerima hukuman ketika telah melakukan kesalahan.




19
Saya meminta maaf kepada siapapun  jika telah berbuat salah.




20
Saya merapikan buku dan alat tulis setelah selesai pelajaran.






 Lembar Penilaian Psikomotor


LEMBAR ANGKET PSIKOMOTOR

PETUNJUK SOAL:
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini dengan cara member centang ( √) pada kolom yang sesuai!
KRITERIA
1
2
3
4
Siswa berpakaian tidak bersih dan tidak rapi
Siswa berpakaian bersih tetapi tidak rapi
Siswa berpakaian rapi dan bersih
Siswa berpakaian rapi bersih dan wangi
Siswa berbicara dengan bahasa yang tidak baik (kasar)
Siswa berbicara dengan bahasa yang kurang baik
Siswa berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik
Siswa berbicara menggunakan bahasa yang baik dan sopan
Siswa sering (lebih dari 2 kali) datang terlambat kesekolah
Siswa kadang-kadang (1-2 kali dalam 1 minggu) datang terlambat
Siswa datang kesekolah tepat waktu
Siswa datang kesekolah tepat waktu dan  antusias.
Siswa malas untuk belajar
Siswa agak malas untuk belajar
Siswa tidak malas belajar
Siswa tidak malas belajar dan semangat
Siswa sering (lebih dari 3 kali) bolos sekolah
Siswa kadang-kadang (1-3 kali dalam 1 minggu) bolos sekolah
Siswa tidak pernah bolos sekolah
Siswa tidak pernah bolos sekolah dan rajin
Siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran
Siswa kadang-kadang pasif dalam mengikuti pembelajaran
Siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran
Siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan antusias
Siswa malu bertanya apabila belum jelas dalam menerima pelajaran
Siswa kadang-kadang malu bertanya apabila belum jelas dalam menerima pelajaran
Siswa tidak malu bertanya apabila belum jelas dalam pelajaran
Siswa tidak malu bertanya dan aktif bertanya apabila belum jelas dalam pelajaran.
Siswa apabila diberi nasihat tidak mau mendengarkan
Siswa apabila diberi nasihati kadang-kadang mendengarkan
Siswa apabila diberi nasihati mendengarkan
Siswa apabila diberi nasihat selalu mendengarkan dan menerima dengan senang hati




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar