SUBJEK, SPESIFIK, DAN PEDAGOGIK
(SSP)
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah PKn SD
Dosen Pengampu: Ari
Wibowo, M.Pd.

Disusun Oleh :
Kurniasari Dwi
Nurratri (12144600166)
A5-12
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2013
SUBJEK,
SPESIFIK, DAN PEDAGOGIK (SSP)
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : III/I
Waktu : 2x35
menit
A. Standar Kompetensi
2. Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat.
B. Kompetensi Dasar
2.
1 Menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
C. Indikator
1. Kognitif
a. Siswa
dapat memahami pengertian aturan atau norma.
b. Siswa
dapat memahami bentuk-bentuk peraturan di masyarakat baik aturan tertulis
maupun aturan tidak tertulis.
c. Siswa
dapat memahami pentingnya peraturan bagi masyarakat.
d. Siswa
mampu memberikan contoh peraturan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di
lingkungan masyarakat.
2. Afeksi
(Karakter)
a.
Siswa dapat memiliki sikap tanggung
jawab
b.
Siswa dapat memiliki sikap toleransi
3.
Psikomotor
a.
Siswa dapat mematuhi peraturan disekolah
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Melalui
kegiatan mencermati dan membaca, siswa dapat memahami tentang pengertian aturan
atau norma.
b. Melalui
kegiatan mengamati contoh gambar bentuk-bentuk peraturan di masyarakat, siswa
dapat memahami contoh aturan tertulis dan aturan tidak tertulis.
c. Melalui
kegiatan mendiskusikan, mencermati, dan membaca, siswa dapat memahami
pentingnya aturan atau norma.
d. Melalui
kegiatan mendiskusikan, mencermati, dan membaca, siswa dapat memahami peraturan
di lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
2. Afeksi
a. Melalui
kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat memiliki
sikap tanggung jawab.
b. Melalui
kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat memiliki
sikap toleransi.
3. Psikomotor
a. Melalui
kegiatan pembelajaran tentang peraturan di masyarakat, siswa dapat mematuhi
peraturan di sekolah.
E. Instrument
|
Instrument
|
No. Soal
|
|
1.
Pengertian aturan atau norma.
|
1
|
|
2.
Bentuk-bentuk peraturan di
masyarakat baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis.
|
3, 9
|
|
3.
Pentingnya peraturan bagi
masyarakat.
|
2, 5, 8, 10
|
|
4.
Contoh peraturan di lingkungan
keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.
|
4, 6, 7
|
F. Materi Ajar
1. Bentuk
peraturan tertulis.
2. Bentuk
peraturan tidak tertulis.
3. Pentingnya
peraturan bagi masyarakat.
4. Peraturan
di lingkungan keluarga.
5. Peraturan
di lingkungan sekolah.
6. Peraturan
di lingkungan masyarakat.
G. Metode Pembelajaran
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, bermain peran, pemberian tugas.
H. Sumber Belajar
Buku
cetak dan LKS
I. Media Pembelajaran
Gambar
J. Langkah-langkah Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
|
|
|
Apersepsi:
1. Mengisi
daftar kelas, berdo’a bersama, menyiapkan materi ajar.
2. Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat tentang aturan yang berlaku di masyarakat.
|
5
menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
Eksplorasi:
1. Guru
menunjukkan beberapa contoh gambar tentang bentuk-bentuk peraturan baik
aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis.
2. Guru
memilih 6 siswa untuk bermain peran (ada yang menjadi peran keluarga seperti
Bapak, Ibu, Anak. Ada juga yang menjadi Pak.RT, warga sekitar, dan seorang
tamu).
3. Siswa
melakukan peran sesuai dengan petunjuk guru.
4. Setelah
mempraktekkan bermain peran, guru dan siswa mendeskripsikan tentang
kesimpulan dari adegan tersebut.
Elaborasi:
1. Siswa
mengidentifikasi bentuk-bentuk peraturan.
2. Guru
membagi 6 kelompok berisi 5 orang.
3. Siswa
secara berkelompok mendiskusikan pentingnya peraturan dan contoh peraturan
baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat menggunakan LKS.
4. Perwakilan
dari hasil kerja kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Konfirmasi:
1. Guru
dan siswa menyimpulkan materi peraturan di masyarakat.
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
|
|
|
|
Penutup:
1. Guru
memberikan penilaian.
2. Guru
membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran.
3. Guru
memberikan tugas membaca materi yang akan dibahas minggu depan.
|
5
menit
|
|
|
|
70 menit
|
K. Penilaian
Bentuk:
a.
Kognitif: Tes tertulis
b.
Afeksi: Angket
c.
Psikomotor: Rublik
Alat
Penilaian:
a.
Soal tes tertulis (terlampir)
b.
Lembar Penilaian Afeksi (terlampir)
c.
Lembar Penilaian Psikomotor (terlampir)
Soal
tes tertulis
Ulangan Harian
Berilah
tanda silang (x) apa huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat!
1.
Agar kehidupan masyarakat menjadi
tenang, perlu adanya ….
a. Pengumuman
b. Poskamling
c. Aturan/norma
2.
Pembuat aturan di masyarakat adalah ….
a. Semua
penduduk
b. Tokoh
bersama masyarakat
c. Kepala
rumah tangga
3. Dibawah
ini yang bukan termasuk norma formal
adalah ….
a. Undang-undang
b. Peraturan
lalu lintas
c. Adat
istiadat
4. Contoh
kebiasaan yang baik dilakukan oleh siswa adalah ….
a. Bermain
setiap waktu.
b. Belajar
setiap hari
c. Menangis
setiap pagi
5. Aturan
sekolah wajib ditaati oleh ….
a. Hanya
siswa kelas 1-6
b. Hanya
guru dan kepala sekolah
c. Semua
warga sekolah
6. Salah
satu aturan tertulis di sekolah, yaitu ….
a. Setiap
datang paling lambat 15 menit sebelum pelajaran
b. Setiap
siswa memberi salam jika bertemu guru
c. Jika
ada teman yang sakit, kita harus menjenguknya
7. Setiap
anak harus mengikuti upacara dengan tertib.
Peraturan
tersebut merupakan salah satu isi dari aturan di ….
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Masyarakat
8. Aturan
bersifat ….
a. Membantu
b. Mengikat
c. Tidak
dapat dihindari
9. Salah
satu aturan tidak tertulis di lingkungan sekolah adalah ….
a. Membantu
teman yang mendapat musibah
b. Mengikuti
upacara bendera
c. Menggunakan
seragam sekolah
10. Orang
yang melanggar aturan akan dikenai ….
a. Pujian
b. Hadiah
c. Sanksi
Lembar Penilaian Afeksi
KISI-KISI ANGKET KARAKER SISWA
|
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
|
1
|
tanggung jawab
|
Menjalankan ketertiban di masyarakat
|
|
|
|
Mengerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh baik itu di lingkungan
keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat.
|
|
|
|
Menyelesaikan PR tepat waktu.
|
|
|
|
Mematuhi tata tertib di sekolah
|
|
Minta maaf dan menerima hukuman bila bersalah.
|
||
|
|
|
Berperilaku disiplin.
|
|
2
|
toleransi
|
Memberikan maaf jika orang lain melakukan kesalahan.
|
|
|
|
Menghargai kebiasaan yang dilakukan orang lain, meskipun kita
tidak menyukai kebiasaan tersebut.
|
|
|
|
Menghargai aturan adat istiadat tempat tinggal kita.
|
|
|
|
Toleransi dalam agama, pendapat, etika.
|
LEMBAR
ANGKET AFEKSI
PETUNJUK
SOAL:
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini dengan cara
member centang ( √) pada kolom yang sesuai!
|
NO
|
Pernyataan
|
Pilihan Jawaban
|
|||
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
||
|
1
|
Saya berusaha mempertahankan
pendapat, walaupun bertentangan dengan pendapat teman-teman yang lain.
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya enggan menyampaikan
pendapat yang saya miliki karena takut dikritik.
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya memacu diri untuk
terus semangat dalam belajar.
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya membuat catatan-catatan
kecil (poin-poin) pelajaran PKn untuk mempermudah dalam belajar.
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya merasa materi PKn
tidak menarik untuk dipelajari.
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya lebih suka menyalin
tugas teman dari pada harus mencari jawaban sendiri.
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya memanfaatkan internet
untuk mencari jawaban dari tugas-tugas yang diberikan guru.
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya malu bertanya kepada
teman ketika saya mengalami kesulitan mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya tidak membuang sampah
pada tempat yang sudah disediakan.
|
||||
|
10
|
Saya senantiasa menjaga
dan memelihara fasilitas sekolah.
|
|
|
|
|
|
11
|
Saya melaksanakan tugas
piket sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
|
||||
|
12
|
Saya mengerjakan tugas PKn
dengan teliti dan cermat.
|
|
|
|
|
|
13
|
Saya menyelesaikan tugas
dengan asal-asalan.
|
|
|
|
|
|
14
|
Saya mengumpulkan tugas/
PR PKn yang diberikan oleh guru sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
|
|
|
|
|
|
15
|
Saya segera mengembalikan
barang yang dipinjam setelah menggunakannya.
|
|
|
|
|
|
16
|
Saya menjaga dan merawat
dengan baik barang yang saya pinjam.
|
|
|
|
|
|
17
|
Saya tidak akan
mengembalikan barang yang saya pinjam sebelum ditagih.
|
|
|
|
|
|
18
|
Saya menolak menerima
hukuman ketika telah melakukan kesalahan.
|
|
|
|
|
|
19
|
Saya meminta maaf kepada
siapapun jika telah berbuat salah.
|
|
|
|
|
|
20
|
Saya merapikan buku dan
alat tulis setelah selesai pelajaran.
|
||||
Lembar
Penilaian Psikomotor
LEMBAR
ANGKET PSIKOMOTOR
PETUNJUK
SOAL:
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini dengan cara
member centang ( √) pada kolom yang sesuai!
|
KRITERIA
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Siswa
berpakaian tidak bersih dan tidak rapi
|
Siswa
berpakaian bersih tetapi tidak rapi
|
Siswa
berpakaian rapi dan bersih
|
Siswa
berpakaian rapi bersih dan wangi
|
|
Siswa
berbicara dengan bahasa yang tidak baik (kasar)
|
Siswa
berbicara dengan bahasa yang kurang baik
|
Siswa
berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik
|
Siswa
berbicara menggunakan bahasa yang baik dan sopan
|
|
Siswa
sering (lebih dari 2 kali) datang terlambat kesekolah
|
Siswa
kadang-kadang (1-2 kali dalam 1 minggu) datang terlambat
|
Siswa
datang kesekolah tepat waktu
|
Siswa
datang kesekolah tepat waktu dan
antusias.
|
|
Siswa
malas untuk belajar
|
Siswa
agak malas untuk belajar
|
Siswa
tidak malas belajar
|
Siswa
tidak malas belajar dan semangat
|
|
Siswa
sering (lebih dari 3 kali) bolos sekolah
|
Siswa
kadang-kadang (1-3 kali dalam 1 minggu) bolos sekolah
|
Siswa
tidak pernah bolos sekolah
|
Siswa
tidak pernah bolos sekolah dan rajin
|
|
Siswa
pasif dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa
kadang-kadang pasif dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa
aktif dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa
aktif dalam mengikuti pembelajaran dan antusias
|
|
Siswa
malu bertanya apabila belum jelas dalam menerima pelajaran
|
Siswa
kadang-kadang malu bertanya apabila belum jelas dalam menerima pelajaran
|
Siswa
tidak malu bertanya apabila belum jelas dalam pelajaran
|
Siswa
tidak malu bertanya dan aktif bertanya apabila belum jelas dalam pelajaran.
|
|
Siswa
apabila diberi nasihat tidak mau mendengarkan
|
Siswa
apabila diberi nasihati kadang-kadang mendengarkan
|
Siswa
apabila diberi nasihati mendengarkan
|
Siswa
apabila diberi nasihat selalu mendengarkan dan menerima dengan senang hati
|
|





Tidak ada komentar:
Posting Komentar